Senin, 23 Mei 2016

PAWAI BUNGA

Tahun 2008 untuk pertama kalinya aku mengambil gambar untuk pawai Bunga. Pelaksanaannya Pagi hari, pukul 09.00 - 17.00, tanggal 27 April 2008 untuk HUT Surabaya 715































Tahun 2010 Saya berkesempatan menjadi peserta. Pelaksanaannya sore hari. Berlangsung hingga 2014. Sejak 2015 beralih ke pagi hari. Star depan Tugu Pahlawan(dekat Kantor Gubernu), Finis Taman Surya (Balai Kota)
Menjadi Penonton itu capai apabila harus mengambil gambar sekian banyak arak-arakan, apalagi harus berdesak-desakan dengan Penonton lain, Kuli Tinta, dan Petugas Pengaman.
Menjadi Peserta merupakan kesenangan dan kebahagiaan tersendiri. Walau harus menunggu antrean tapi pasti harus berharap nyampai di tujuan. Setelah pulang bingung mau naik kendaraan apa. SPM di parkir di tempat Star. Harusnya kendaraan parkir di tempat Finish terus ke tempat Star naik kendaraan umum. Yang enak harus ada yang antar jemput. Yang lebih menyenangkan kalau sedang atraksi di tempat-tempat yang telah disediakan.
Pada tahun ini saya baru menjadi KS dan mendapat panggilan khusus dari Ibu Kepala UPTD Kec. Krembangan yaitu Ibu Dra. Titik Juliati, M.Pd. bersama Bapak Hari (KS Dupak I), Samudji (KS Kremsel IX), Momon (Guru Perak Barat) dan teman2 lain dari SD di Wilayah Krembangan. Sewa baju dan ubarampe disiapkan Tim Panitia. Perintah menjadi peserta cukup mendadak yaitu usai Upacara Peringatan Hardiknas, maka 10 orang diumumkan untuk berkumpul di UPTD Kec. Krembangan dan hasilnya siang hari, pukul 12.00 harus kembali ke UPTD untuk ikut Pawai. Inilah pengalaman yang tidak terlupakan yaitu tak pernah membayangkan menjadi peserta. Perjalanan ini menempuh jarak 3,3 Km dengan berjalan kaki. Sementara peserta lain naik mobil atau kendaraan hias. Tema yang kami usung adalah Kelas Layanan Khusus. Di tempat yang telahditentukan beberapa guru/KS menjadi Satpol PP yang menangkap anak-anak Jalanan agar mau Sekolah, teman yang lain memberikan orasi tentang KLK dan Inklusi sepanjang jalan tanpa berhenti. Pemeran siswa benar-benar anak kategori KLK dari SDN Dupak I. Bapak Hari (saat ini sudah alm). menjadi Oarator dan KS SDN KLK.


Sumber : http://surabaya.chineseconsulate.org/indo/lgdt/t690383.htm
Atas undangan Wali Kota Surabaya Bambang DH, Konsul Jenderal RRC untuk Surabaya Mr. Wang Huagen bersama isteri menghadiri Parade Budaya dan Pawai Bunga yang digelar di Taman Surya pada tanggal 2 Mei, 2010.
Acara yang diselenggarakan untuk memperingati HUT Kota Surabaya yang ke-717 itu dikuti 71 kelompok yang terdiri atas instansi dan perwakilan daerah. Beberapa kota lain ikut meramaikan parade tersebut. Di antaranya, Pasuruan (Jatim), Jembrana (Bali), Waringin (Kalimantan), Jogjakarta, serta Ciamis (Jawa Barat).
Meski digelar rutin tiap tahun, animo masyarakat untuk melihat acara ini tetap luar biasa. Dengan rute yang diawali dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Surya, ribuan warga memadati sepanjang jalan yang dilalui Parade Budaya dan Pawai Bunga tersebut.
Acara itu menandai pembuka rangkaian perayaan Hari Jati Hota Surabaya Ke-717 yang jatuh pada 31 Mei mendatang.



      




 
 
 



Tahun 2016 Pawai Bunga diadakan Minggu pagi, 22 Mei 2016 dengan ketentuan menurut : (http://kabarsurabaya.org/parade-budaya-dan-pawai-bunga-surabaya-2016-memasuki-masa-pendaftaran/)
Sedangkan untuk persyaratan perserta adalah Pawai Bunga 2016 ini adalah sebagai berikut :
  1. Tampilan : Dalam bentuk mobil bunga dan budaya yang tematik, di perbolehkan menyertakan Branding Perusahaan, Branding Produk, Promo Potensi Kota / Kabupaten /Wilayah dan Promo Etnis / Kebudayaan tertentu.
  2. Personil : Jumlah personil yang ada di atas kendaraan adalah minimal 3 (tiga) orang / lebih dan dapat melakukan atraksi / pertunjukan budaya di atas kendaraan -nya maupun di jalan raya.
  3. Kendaraan : Menggunakan kendaraan terbuka yang di hias sedemikian rupa, sehingga penampilan mobil tidak tampak seperti aslinya. Konsep bentuk hiasan mobil harap di serahkan terlebih dahulu kepada Panitia Pawai Bunga 2016 paling lambat tanggal 15 April 2016. Di larang menggunakan kendaraan trailer.
  4. Tiap peserta di haruskan membuat sinopsis yang di bacakan pada saat start dan finish
  5. Tinggi maksimum kendaraan setelah di hias adalah 4 meter, hal ini mengingat kendaraan akan melewati hambatan berupa jembatan penyeberangan, viaduk maupun melintas di bawah kabel.
  6. Peserta di haruskan mengisi lembar konfirmasi dan menyerahkan kepada Panitia Parade Bunga 2016 paling lambat pada tanggal 15 April 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar